Secara umum hotel berbintang lima biasanya memiliki 9
Departemen, antara lain sebagai berikut :
1. Front Office Department
Front Office Department adalah
departemen hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima
pemesanan kamar tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi
yang diinginkan tamu. Departemen ini merupakan kesan prtama bagi tamu ketika
tamu hendak check in.
Adapun seksi-seksi di Front
Office Departementadalah sebagai berikut :
a. Reservation
b. Reception
c. Telephone
Operator
d. Front
Office Cashier
e. Uniform
Service/Concierge
f. Information
section
g. Guest
Relation Officer
2. Food and Beverage Department
Food and Beverage department adalah
departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah
menyediakan makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu
pada saat makan di restaurant. Food & Beverage Department dibagi
beberapa bagian diantara lain :
a. Food
& Beverage Production
Food & Beverage Production adalah
suatu bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi bahan
matang untuk disediakan kepada para tamunya.
b. Food
& Beverage Service
Food & Beverage Service adalah
suatu bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu. Food & Beverage
Service dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu
1) Food Service
2) Beverage Service
3. Housekeeping Department
Housekeeping department adalah
departemen hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik
dalam ruangan maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel.
Housekeeping terbagi atas beberapa seksi antara lain :
a. Floor
Section
b. Public
Area Section
c. Linen/uniform
Section
d. Laundry
section dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian :
1) Valet
2) Washer
3) Presser
4) Marker
5) Checker
e. Gardener
section
f. Florist
section
g. Recreation
/ swimmimg pool section
4. Accounting departement
Accounting departement adalah
suatu departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel
baik pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel.
5. Personalia/HRD Department
Personalia Departemen adalah
suatu departemen hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee.
serta menangani masalah yang dihadapi karyawan.
6. Engineering Department
Engineering Department adalah
suatu departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun
perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami
kerusakan.
7. Marketing department
Marketting departement adalah
suatu bagian yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan
agar setiap tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan
menggunakan fasilitas-fasilitas hotel.
8. Purchasing department
Purchasing departemen adalah
suatu bagian yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta
semua kebutuhan hotel.
9. Security Department
Security Department adalah
suatu bagian yang bertugas menjaga keamanan hotel maupun tamu selama menginap
(24 jam)
1 komentar:
belum layak menulis "Gudangnya ilmu perhotelan, masih jauh bro...!
Posting Komentar